Saturday 2 June 2012

TV China mati total


 
kemaren sore dapat servis tv china dengan kerusakan mati total, menurut informasi dari pemilik tv kejadian awal sering mati sendiri trus di start normal lagi dan terakhir udah gak bisa sampai listrik di rumah padam, waah ini berarti power regulator short dalam pikiranku, langsung saja sesuai prosedur buka cover belakang trus dibersikan dari debu biar nyaman waktu mengerjakanya
pengukuran langsung tertuju di capasitor utama power suplay dan benar terjadi hubung singkat, saya lepas transistor power, ukur kembali hubungsingkat sudah hilang beraati transistor power yang mengalami kerusakan, setelah pengantian saya coba ternyata belum bisa mengeluarkan teganggan  +115 Volt,  waah ini apa lagi ? pencarian di lanjutkan dari resistor, capasitor, transistor, diode, optocopler sampai variabel resistor semua baik tidak ada gejalah kerusakan, tapi kok belum bisa mengeluarkan teganggan di secunder travo.
Nah ini dia yang belom di periksah, lalu travo di angkat dari mainboart diperiksah ternyata dari plastik / isolasi travo uda mengkerut hingga berubah warna kemungkinan terjadi hubungsingkat di lilitan secundernya. setelah mendapatkan penganti travo inventer langsung saya pasang, untuk keamanan lepas dulu trasistor horizontal kalau tegangan yang di hasilkan tidak terkendali. probe hitam ke casis atao ground, probe merah ke pin + capasitor 100 uf / 160 Volt langsung saya start . . . . dan Alhamdulillah + 115 sudah keluar, baik teganggan vertical audio juga untuk program, lanjut pasang kembali transistor horizontal coba langsung terdengar suara kemudian gambar semua normal.
Alhamdulillah. . . terselesaikan tv ini dengan sumber kerusakan travo inventer

13 comments:

  1. salam kenal gan..
    Saya mau tanya nie gan tv hanya bisa muncul warna hijau it karna apa nya ya yang rusak

    ReplyDelete
  2. salam kenal balik brow ... kerusakan dengan gejala hanya keluar warna hijau itu di sebabkan hubung singkat katoda ( G ) hingga tidak ada gambar sama sekali hanya blanking hijau, atau kalau ada gambar cuma dominan warna hijau periksah penguat R,G,B, nah... kemungkinan penguat transistor (G)klo gak korosi .. ya uda terjadi hubung singkat, musti harus ada pengantian. mogo membantu.

    ReplyDelete
  3. gan
    TV ane pertama rusak pada bagian Powernya,sesudah ane perbaiki TV nya Nyala gan tapi layar berwarna hijau dengan garis di tengahnya seperti vertical tolong bantuan nya gan ........
    TV china 14 inch gan ........

    rezkiardila@ymail.com

    ReplyDelete
  4. Pertama : periksa keluaran power suplay, apa semua sudah normal tidak ada yang drop ?
    kedua : gamabar masih kelihatan transparans atau full hijau bergaris, suara gimana mucul gak ?
    ketiga : periksah penguat r,g,b nya pakai apa IC / transistor ?

    ReplyDelete
  5. om, transisitor horizontal itu rupanya seperti apa?

    ReplyDelete
  6. transistor biasa om .,,. coba buka link ini,

    http://1.bp.blogspot.com/-To06osMSDJo/UDbJX3UVcSI/AAAAAAAAATo/lBmymLOkmkU/s400/tr%2Bhot.jpg

    terima kasih telah berkunjung.

    ReplyDelete
  7. TV saya gejalanya juga persis seperti itu. harga trafo berapa mas kalau ditoko?
    apakah trafonya itu banyak dijual dipasaran?

    ReplyDelete
  8. wah lom perna beli yang baru trafo itu, kita pas ada kanibalan walaupun harus dikit modifikasih....
    cari yang bekas aja om ... tksh

    ReplyDelete
  9. gan mau nanyak tv saya ni gambar nya bergaris garis putih dan suara nyakadang hilang.kira-kira apanya yang rusak ya gan mohon pencerahan nya ya gan soal nya saya baru pemula.

    ReplyDelete
  10. Aslamkm..master master smua q mo nanya nh..klo tegang b+ drop smua tu karna pa yah ..mohon pencerahan,a

    ReplyDelete